Jumat, 01 Februari 2019

5 Cara Agar Suami Tenang Dalam Bekerja










Halo, sahabat healthies…
Wah, udah februari aja nih.
Buibukkk Goals di januari apa kabar ? semoga semua goalsnya tercapai yaa sesuai rencana.

Kali ini saya bakalan bercerita lagi nih soal tips yang bisa dilakukan istri kepada suami agar dapat selalu bersemangat dan semaksimal mungkin menjalani hari-harinya di kantor. Apalagi kalau tsuamiknya itu adalah seorang pegawai kantoran yang sama dengan pekerjaan suamiku.

Pernah gak kita menyisihkan waktu untuk benar-benar memerhatikan kebiasaan suami, apa-apa saja yang membuat dia uring-uringan. Karena ternyata laki-laki juga sering loh mengalami hal yang dirasakan oleh perempuan yaitu merasa  gelisah terhadap pekerjaan yang dilakukannya.

“ Sudah benner gak yah tadi saya nginputnya “

 “ Duh, semoga gak salah deh “

 “ Kalau gak di approve mesti gimana nih “ 

“ Duh, bahan presentasinya belum maksimal deh kayaknya “ dan lain sebagainya.


Menurut penelitian yang saya baca di sebuah artikel kesehatan yang Rilis di Amerika tentang “ Anxietas pada laki-laki “ bahwa mereka punya tingkat kecemasan yang lumayan tinggi lho, bisa sampai 86 % sedangkan perempuan itu berkisar antara 71 - 84 %.  
Anxietas adalah : Rasa cemas yang berlebihan terhadap suatu hal atau kejadian yang telah terjadi dan bisa saja yang belum terjadi.

Sejak saya pelan-pelan mempelajari itu pada suami saya, apa sih yang selama ini menjadi kendalanya jika sedang berada di luar rumah, di kantor apa saja yang dia kerjakan, hari ini gimana kabarnya ? makan apa saja selama di kantor ?  Gimana Kesehatannya hari ini ? dan banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Bukan maksud untuk mencecarnya dengan pertanyaan – pertanyaan seperti terinterogasi juga sih. Sebisa mungkin saya menyesuaikan dengan suasana yang ada. Pokoknya poin penting dari pertanyaan-pertanyaan tadi telah saya dapatkan. Dan saat bertanya akan hal itu pastikan suasananya sedang rileks, udah sama-sama clear dengan aktifitas yang ada, kalau saya sih biasanya sebelum tidur malem, pasti ada sesi sebut saja kepo-kepo manja ketika bersiap – bersiap tidur.

Tidaklah salah kalau kita sebagai istri menghawatirkan pak suami ketika dia tidak sedang disamping kita namun kita tidak bisa selamanya ikut kemana pun ia pergi kan ? Seperti ke Kantor. Begitupun sebaliknya. Suami gak selalu bisa mendampingi kita, jika ada hal yang ingin kita lakukan ataukah tempat yang ingin kita datangi. Saling memberi ketenangan sangatlah dibutuhkan satu sama lain.

Yang bisa dilakukan istri agar suami bisa tenang dalam bekerja seperti…


Perhatikan Asupannya Setiap Hari

Jangan menyepelekan makanan yang masuk ke tubuh kita ya buibuk, apa yang kita makan menentukan kesehatan kita lho. Untuk asupan setiap harinya sebaiknya dipilih yang memiliki nilai gizi yang tinggi ya, Memiliki cukup mineral, protein dan vitamin. Asupan yang kita makan juga mampu mempengaruhi fokus kita dalam bekerja. Misal jika terlalu banyak “micin”
Bisa jadi kerja kita jadi gak maksimal lho, karena kandungan di makanan-makanan yang mengandung MSG itu bisa kurang baik untuk kesehatan apalagi menyangkut daya ingat.

Apakah hari ini pak suami sudah minum air putih yang cukup ? Perlu juga kita tanyakan padanya. Dimana tubuh manusia itu 60-70% nya adalah air maka tentu saja kebutuhan cairan kita harus terpenuhi setiap harinya. Kondisi tubuh yang dehidrasi dapat mempengaruhi konsentrasi lho. Bisa membuat kita menjadi tidak fokus dalam mengerjakan suatu hal.

Tidak salah kok jika kita memonitoring setiap asupannya karena memang sangatlah penting. Seperti hal yang kelihatannya sepele " Minum air putih " yang dampaknya akan sangat signifikan bagi kesehatan jika kita melakukannya dengan baik. Bawa bekal dari rumah ?? Kenapa nggak. 
Masakan rumah terbukti lebih sehat dan higienis tentunya. Apalagi masakan Istri. Sedaaapp.

Syukurnya suami tidak gengsi membawa bekal dari rumah, dia malahan senang kalau saya masakin bekal untuk ke kantor. Kadang kupakein tempat bekal yang warnanya itu warna kesukaanku 
Hijau dan merah jambu 
" Eh dia juga gak protes hahaha. Meski katanya pernah digangguin sama temennya saat di kantor.

" Cantik sekali tempat bekal pak Ayyub " ( Kata-kata ini punya makna tersirat bagiku ) haha.

Jika Suami sehat, Bisa membuat dia tenang dalam bekerja, kerjaan selesai sesuai deadline. Suami Bisa pulang ke rumah tepat waktu, kitanya pasti happy juga kan. hehehe.


Dengarkan Keluh - Kesahnya

Seseorang yang paling dekat dengan suami setelah orangtuanya dan saudaranya adalah istri. Apalagi setelah menikah, kita istrinya adalah satu-satunya yang paling dekat dengannya ketika di rumah. Suami sudah tidak canggung lagi menceritakan apapun ke istrinya, sekalipun itu bagian terdalam dari dirinya. Yang  belum pernah dia sampaikan kepada orang lain.

Suami menjadikan istri tempat ternyaman untuk bercerita, alangkah indah jika kita memberi perlakuan yang sama kepadanya. Dengarkan apapun yang ia katakan, patuhi apapun yang ia arahkan. Karena ketika itu terjadi maka dia akan merasa tenang dalam keadaan apapun bahkan ketika istri sedang jauh darinya.

Jangan sungkan mendengarkan cerita suami ya buibuk, meski kadang kalau kita sudah bicara panjang lebar ketika menyampaikan keluh kesah kita sendiri dan dia tidak terlalu memperhatikan hahaha. Ya sudah dimengerti saja. Sepertinya memang tabiat lelaki beberapa ada yang seperti itu. Tapi jangan kita bales yaa :D Mereka memang mahkluk yang kurang mendetail jadi harus diuraikan pelan-pelan satu persatu. Balesnya dengan cara yang indah, cara yang anggun dan menawan.


Berikan Pelukan

Saya pernah membaca sebuah artikel kalau pelukan dapat mengurangi rasa cemas dan menurunkan tekanan darah lho. Ketika kita sedih, hati sedang diselimuti rasa gundah, sering kita mencari seseorang yang dapat meringankan beban yang ada dipikiran kita. Ketika itu terjadi di dalam rumah tangga sudah pasti orang yang pertama kita cari adalah pasangan kita.

Ketika saya sedang stress tentang urusan kerjaan, urusan rumah sakit yang kubutuhkan hanya pelukan suami, begitupun suami. Ketika dia sedang stuck dengan urusan di kantor. Saat ia pulang ke rumah, hanya pelukan yang dia inginkan. Pelukan dapat meredakan amarah, pelukan dapat menurunkan ego, pelukan dapat membuat hubungan semakin romantis dan harmonis.  Buibuk setuju gak ?


Pastikan Istirahatnya Cukup

Saya termasuk orang yang agak cerewet persoalan “Tidur larut malam” terhadap pasangan saya, meski saya harus kebanyakan begadang Karena memang sudah merupakan kewajiban saya sebagai tenaga medis yang harus on 24 jam ketika waktu jaga malam telah tiba. Tapi untuk pasangan saya, saya selalu mengusahakan agar dia tidur tepat waktu tiap malamnya.

Saya tidak pernah tidur duluan kalau suami belum tidur, saya menidurkan dia dulu baru saya bisa terlelap. Kalau segala kewajiban telah selesai, barulah saya rebahan disampingnya. Contoh kecil dia suka di urut sebelum tidur, saya selalu memijit kakinya sebelum ia tidur dan hal itu sudah menjadi pengantar tidurnya saat malam hari.

Kurang tidur dapat membuat kita kurang fokus esok harinya, perasaan lebih sensitive lho, mudah marah, mudah tersinggung. Saya membaca ini pada sebuah tulisan di harian kompas. Dan ternyata emang berpengaruh. Kalau kondisi tubuh sedang tidak seimbang seperti kurang tidur, secara medis sih maka kita akan kekurangan oksigen di otak kita, kita akan menjadi kurang konsentrasi dan sudah pasti juga kita akan terserang rasa kantuk yang berlebihan di waktu yang kurang tepat. Jika seharusnya ketika di kantor itu kita merasa segar dan bugar karena kurangnya istirahat malam, maka akan mempengaruhi konsentrasi suami dalam bekerja. Tipsku sih pastikan ritme tidurnya itu tidak lewat dari jam 10 atau jam 11 malam. Agar esoknya dapat maksimal saat beraktifitas. 



Selalu Berikan Doa dan Kepercayaan Sepenuhnya

Pada setuju gak sih kalau saya bilang Di rumah suami adalah milik kita seutuhnya tapi ketika di luar rumah dia adalah milik siapa saja sebut saja itu “Masyarakat” . Ketika saya menyadari bahwa suami adalah seorang pelayan negara dan masyarakat, saya sebisa mungkin tidak terlalu mengganggu waktunya selama jam kerja, chattingan kulakukan jika memang perlu saja dan benar-benar urgent, eh tapi sesekali saya ngegodain dia juga sih biar dia semakin semangat. Hihihi

“ Cepaaat pulangg yaaaa * Trus ngirim emoticon manja-manja. * 


“ Jangan lupa makan dan ibadahnyaa * disertai emoticon manja-manja.
 

Bagi seorang istri selalu mendoakan suami kapan saja dan dimana saja sudah merupakan hal yang tidak pernah luput ; dzikir cinta dari dalam hatinya selalu ditujukan kepada sang kepala rumah tangga. Jutaan doa selalu mengalir dan bertasbih untuk sang nakhoda dalam pelayaran kehidupan ini. Selalu ada rasa percaya yang sepenuhnya diberikan agar pelayaran ini sanggup menerjang badai sekencang apapun.

Hari ini sudah berdoa untuk suami bu ?
Semoga kita semua selalu diberi kebahagiaan , kesehatan, kesabaran dan kekuatan dalam mendampinginya.




Jangan Lupa Bahagia, Selamat Menjalani Hari ini.














1 komentar on "5 Cara Agar Suami Tenang Dalam Bekerja"
  1. Wah ini hahaha
    Sebagai suami yang jauh2an sama istri, sayang sekali saya nda bisa menikmati hal2 di atas.

    Tapi perhatian istri dari jauh sudah cukup membuat saya semangat setiap hari.

    BalasHapus

Custom Post Signature