Jumat, 11 Januari 2019

Bawa Botol Minum Sendiri Langkah Kecil Selamatkan Bumi

Halo Sahabat Healthies

Di tahun 2019 ini ada yang punya resolusi mengurangi penggunaan sampah plastik gak ? Kalau saya sih, ini adalah satu resolusi saya. Sebagai ibu rumah tangga yang sehari-hari berkutat di dapur, sebisa mungkin saya harus mengurangi penggunaan plastik, mulai dari membawa tentengan sendiri ketika belanja kepasar, membawa botol minum sendiri ketika beraktifitas di luar rumah, hal ini juga yang suami saya lakukan ketika berangkat ke kantor, saya menyiapkan air minumnya di botol minum untuk ia bawa.
Jika kita berbicara tentang sampah plastik, tau gak sahabat pernah gak kalian berfikir kemana sih selama ini sampah-sampah plastik ini dikelola ? Ternyata sampah rumah tangga yang kita hasilkan setiap hari itu ada yang tertiup angin, ada yang tertumpuk begitu saya di tempat pembuangan sampah dan belum dikelola, dan sisanya lagi mengalir ke laut. Menurut BPS Negara kita menghasilkan sampah plastik mencapai 7,2 Ton setiap tahunnya dan jumlah ini terus meningkat, 3,2 ton sampah plastik ini ternyata mengalir ke laut. Dan Struktur kimia yang dimiliki oleh Plastik merupakan senyawa yang membutuhkan waktu lama untuk dapat terurai, akhirnya sampah-sampah plastik ini harus mengendap bertahun-tahun di tanah, di laut yang dapat merusak biota laut dan ekosistem mahluk hidup lainnya.

Pernah gak suatu hari kalian lihat, di sungai-sungai yang kalian lewati atau di selokan-selokan yang tersumbat dengan botol plastik,tas kresek dan kemasan plastik yang lain. Bisa kita bayangkan jika hal ini terus menerus terjadi, bagaimana dengan anak cucu kita nanti ? Seharusnya kita dapat mewariskan hal yang lebih baik, bukan dengan meninggalkan jejak alam yang buruk, kondisi dimana kehidupan dan lingkungan kita dipenuhi oleh sampah plastik dimana-mana.

Program pengurangan penggunaan plastik ini juga telah masuk ke dalam program kerja pemerintah, mengikut pada campaign yang dilaksanakan oleh Kemenkes RI dalam pengendalian sampah plastik sehari-sehari, sabahat bisa memulainya dari rumah, dimulai dari hal kecil yaitu membawa botol minum sendiri ketika ke kantor, ke sekolah, ketika hendak berolahraga, bahkan ketika jalan-jalan ke shooping centre, membawa botol minum sendiri adalah cara sederhana yang sangat berarti.

Sebuah langkah kecil yang mampu selamatkan bumi.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature