Minggu, 29 September 2019

Kenapa Sih Perlu Medical Check Up ?


Hola…
Sahabat healthies..
Apa kabarnya hari ini ? semoga selalu sehat ya.

Menjaga kesehatan merupakan sebuah hal yang wajib lho, karena ketika kita sakit maka segala aktifitas kita akan terhambat dan membuat kita menjadi tidak produktif. Oleh karena itu kesehatan merupakan suatu hal yang mahal harganya.
Ada yang setuju gak dengan hal ini ?

Jika kata pepatah sih “ mencegah lebih baik daripada mengobati “


Nah, terus gimana sih cara kita mencegah sebuah penyakit ? 


Tentu saja dengan menerapkan gaya hidup sehat secara konsisten, olahraga dan beraktifitas fisik, makan dan minum dengan seimbang, tidak merokok, serta melakukan Medical Check Up secara rutin.


 Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang Medical Check Up.. 


Apa itu Medical Check Up  ?

Medical Check Up merupakan pemeriksaan kesehatan yang rutin dilakukan untuk mengetahui seseorang sedang dalam kondisi sehat serta mencegah hal yang tidak diinginkan yang dapat menimbulkan suatu penyakit.
Mungkin sekarang masih banyak yang menganggap medical check up ini merupakan hal yang tidak perlu dengan memiliki banyak alasan yakni tidak perlu karena merasa sehat, takut dengan biaya yang mahal, hingga takut menerima kenyataan jikalau saja ternyata orang tersebut ternyata menderita suatu penyakit.

Apa saja Manfaat Medical Check Up ?

Jika berbicara manfaat yang dapat didapatkan tentu sangat banyak sekali selain dapat mendeteksi sedini mungkin suatu penyakit yang ada di dalam tubuh kita, kita pun secara tidak langsung dapat menghemat biaya atau pengeluaran yang disebabkan oleh penyakit tersebut. Dengan mengetahui penyakit yang kita sedini mungkin kita tentu akan mengetahui faktor resiko yang akan membuat kita menjadi lebih aware serta mendapatkan informasi-informasi dari tenaga medis untuk mengurangi gejala penyakit tersebut.


Apa saja yang diperiksa ketika melakukan Medical Check Up ?

Sebenarnya tidak ada aturan tertentu urutan pemeriksaan yang wajib dilakukan, karena dalam hal ini dokter terlebih dahulu akan memeriksa kondisi umum pasien dengan melakukan anamnesis dan pemeriksaan fisis terlebih dulu sebelum dokter menyarankan pemeriksaan yang sebaiknya dilakukan. Dengan kata lain pemeriksaan laboratorium dilakukan sesuai dengan gejala yang dialami oleh pasien. Tapi tidak jarang juga pasien sendiri yang meminta untuk dilakukan Pemeriksaan lainnya sebagai langkah mendeteksi dini suatu penyakit.

Biasanya di Rumah Sakit atau Klinik telah tersedia informasi seputar Medical Check Up beserta paket-paket promo MCU yang ditawarkan kepada pasien. Jadi pasien tinggal memilih paket MCU yang ingin dia jalani, promo-promo ini juga bermanfaat banget selain dapat menghemat pemeriksaan bisanya saat promo banyak sekali pemeriksaan yang bisa kita dapatkan. Jadi, sahabat healthies jangan lupa pantengin promo paket MCU di RS atau Klinik terdekat di Kota kamu yah hehehe. 


Paket Pemeriksaan MCU biasanya meliputi ; Pemeriksaan fisik oleh Dokter, Pemeriksaan Tekanan Darah,  Pemeriksaan Darah lengkap, Gula darah, Kolesterol, Trigliserida, Uric Acid, SGOT, SGPT, Urine lengkap serta pemeriksaan penunjang lain seperti EKG, Treadmill Test, ECHO, USG, CT-SCAN hingga MRI. 


Oh iya, sahabat healthies sebelum memilih paket MCU ada baiknya melakukan konsultasi dulu yah dengan Dokter.
 


Siapa saja yang perlu melakukan Medical Check Up ?

Ketika kita mengetahui kondisi kesehatan kita sedini mungkin maka hal itu akan memberikan rasa tenang dalam diri kita, sehingga dalam melakukan kegiatan sehari-hari kita dapat terhindar dari rasa cemas dan rasa was-was akan kondisi kesehatan kita. Lantas siapa saja yang perlu melakukan Medical Check Up, jawabannya adalah setiap orang. Setiap orang yang memiliki faktor risiko.

Meskipun biasanya medical Check Up ini disarankan untuk usia produktif di 30 tahun ke atas akan tetapi ketika kita memiliki faktor resiko seperti genetik dari ayah dan ibu yang memiliki riwayat diabetes maka kita sebaiknya sedini mungkin untuk melakukan MCU, ataukah kita memiliki Riwayat keluarga ayah / ibu yang meninggal karena stroke, hipertensi, dan serangan jantung maka sahabat healthies sebisa mungkin lebih aware dan rutin melakukan MCU demi mendapatkan data kesehatan dan memotivasi diri untuk dapat hidup sehat, karena dengan melakukan MCU kita pun dapat mengetahui kondisi tubuh kita sebelum dan sesudah Medical Check Up.


Itulah tadi beberapa alasan mengapa kita perlu melakukan Medical Check Up, meskipun masih muda dan belum pernah sakit bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan Medical Check Up ya sahabat healthies, karena sakit tak mengenal usia. 


Selagi masih sehat kita harus mengetahui data kesehatan kita, dengan Medical Check Up secara berkala kita akan merasa lebih tenang dalam menjalani hidup sehari-hari.
 






Jika ada pertanyaan seputar Medical Check Up bisa menghubungi saya di email cyntarchuleta@gmail.com atau silahkan ke akun Instagram saya @dokterchinta_



Salam sehat.













Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Custom Post Signature